Deskripsi
Standard Operating Procedure (SOP) merupakan ketetapan tertulis mengenai apa yang harus dilakukan, kapan, dimana, dan oleh siapa. SOP dibuat untuk menghindari terjadinya variasi dalam proses pelaksanaan kegiatan yang akan mengganggu kinerja organisasi secara keseluruhan. SOP merupakan mekanisme penggerak organisasi/ lembaga agar dapat berjalan/ berfungsi secara efektif dan efisien.
Seringkali SOP menjadi counterproductive di tempat kerja. Di setiap instansi sebenarnya sudah ada tetapi seringkali tidak digunakan, banyak yang ragu-ragu apakah terupdated, dan diletakkan di lemari yang dikunci atau banyak yang hanya ditempel di dinding tanpa pada tau maksud dari SOP tersebut.
SOP beda dengan Prosedur. Prosedur dibuat oleh pihak independen berdasar asas top-down, sedangkan SOP dibuat melalui kesepakatan antara penulis, pihak manajemen dan pengguna (3 pihak). Akan tetapi sering SOP dibuat dengan tanpa melibatkan pengguna sehingga tidak berfungsi semestinya.
Keefektifan sebuah SOP dapat dilihat dari: nilai tambah, kesamaan persepsi antar bagian/ departemen serta dilihat dari fungsi sebagai pengendali dan pemantau kinerja proses. Apabila SOP ditempat kerja anda tidak demikian, anda wajib meninjau ulang SOP atau bahkan membuat SOP baru yang sesuai dengan prinsip win-win solution.
Tujuan
Setelah mengikuti pelatihan, diharapkan peserta mampu mengendalikan, merevisi dan memantau dalam sebuah siklus SOP Lifecycle. Sehingga diharapkan perusahaan/ organisasi dapat menjalankan proses bisnisnya lebih efektif dan efisien.
Materi
1. Filosofi dan difinisi proses bisnis
-
- Prosedur dan instruksi kerja SOP
- Fundamental business systems ISO 9000
2. SOP Lifecycle
-
- SOP yang tidak dinamis
- SOP yang dinamis
- Siklus SOP Lifecycle
3. Business process mapping (BPM).
4. SOP Tehnis v.s SOP Administratif.
5. Format SOP:
-
- Simple steps
- Hierarchy
- Flowchart
- Graphical
- Video
6. Teknik penulisan efektif:
-
- Format SOP
- Elemen SOP
7. Menentukan dan memilih tingkat perincian SOP (Who Does What) Beyond Write What You Do
8. Perancangan SOP yang up-to-date dan pembuatan rencana tindak-lanjut dengan merancang SOP yang dinamis.
9. Merancang SOP untuk Marketing, Perencanaan dan Produksi, Logistik, Pembelian dan Keuangan dll
9. Evaluasi Program Yang Sedang Dijalankan
10. Hambatan Dan Solusi Yang Sering Terjadi Dalam Implementasi
11. Studi Kasus Dan Diskusi
Peserta
Training ini diperuntukkan bagi karyawan dari seluruh level dan semua divisi dalam Perusahaan/ Organisasi serta Praktisi, Profesional atau Siapa Saja yang ingin menambah pengetahuan mengenai SOP.
Metode
Presentasi, Diskusi, Role Play, Studi Kasus dan Praktek Pembuatan SOP Lifecycle
Tempat
-
- Ibis Style Hotel Yogyakarta
- Gino Feruci Hotel Bandung
- Sofyan Betawi Menteng Hotel Jakarta
- Ibis Style Kuta Circle Hotel Bali
- In House Training*
Fasilitas dan Investasi
-
- Fasilitas: Hard Copy Materi, USB Flashdisk, Training Kits, Coffee Break & Lunch, Sertifikat, Souvenir
- Investasi sebesar Rp. 6.000.000,- (Enam Juta Rupiah) per peserta
E-Learning
-
- Menggunakan Aplikasi Zoom
- Fasilitas: Hard Copy Materi, USB Flashdisk, Training Kits, Sertifikat, Souvenir
- Investasi sebesar Rp. 4.000.000 (Empat Juta Rupiah) per peserta
*Informasi lebih lanjut hubungi Customer Service
klik untuk chat dengan Whatsapp
atau silahkan isi form di bawah ini