Deskripsi
Sejak diperkenalkan David C. McClelland, profesor psikologi dari Harvard University, Achievement Motivation Training (AMT) menjadi suatu kebutuhan bagi banyak perusahaan raksasa di dunia untuk lebih meningkatkan kinerja karyawan melalui peningkatan motivasi berprestasi (achievement motivation). Hal ini mudah dipahami, karena setiap organisasi atau perusahaan pada dasarnya sangat bergantung pada prestasi dan kinerja karyawan di dalamnya. Sangat sulit dibayangkan, kinerja organisasi dapat dicapai secara memuaskan di tengah kondisi para karyawan yang bekerja secara ala kadarnya tanpa motivasi secara memadai.
Salah satu faktor untuk meningkatkan motivasi berprestasi adalah melalui tata komunikasi yang efektif baik di antara karyawan secara individual maupun di antara para karyawan sebagai keseluruhan. Tanpa komunikasi yang baik, sangat besar kemungkinan individu-individu dalam perusahaan cenderung bekerja sendiri-sendiri tanpa memikirkan keberadaan tim sebagai sebuah sistem. Akibatnya, prestasi dan kinerja yang dicapai pun akan bersifat parsial. Dalam sistem organisasi modern, yang umumnya lebih menekankan teamwork, pola kerja parsial individual semakin dihindari. Terlebih lagi di tengah iklim persaingan yang semakin ketat. Pelatihan ini akan memberikan pemahaman serta teknik-teknik dalam melakukan komunikasi yang efektif antar individu dalam teamwork sehingga dapat meningkatkan performa atau kinerja karyawan.
Tujuan
Setelah mengikuti training ini peserta diharapkan dapat mengetahui prinsip-prinsip serta teknik dalam komunikasi yang efektif, yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja karyawan.
Materi
1. Pentingnya Komunikasi
2. Pengertian & Jenis-Jenis Komunikasi
-
- Komunikasi Verbal & Non-Verbal
- Lisan & Tertulis
- Resmi & Tak resmi
- Sadar & Tak Sadar
- Manusia & Mesin
3. Unsur-Unsur dan Proses Komunikasi
-
- Sender dan Encoding
- Pesan (Message)
- Receiver dan Decoding
- Umpan Balik (Feedback)
- Gangguan (Barrier)
4. Tingkat-Tingkat Komunikasi
-
- Komunikasi Intrapersonal, Interpersonal, Kelompok, Massa, Organisatoris
5. Hambatan Komunikasi
-
- Kerangka Acuan (Frame of Reference)
- Menyimak Secara Selektif (Selective Listening)
- Kredibilitas Pengirim Pesan
- Masalah Semantik
- Beban Laik Komunikasi (Communication Overload)
6. Komunikasi Yang Memotivasi
-
- Mengembangkan Motivasi Kelompok
- Pimpinan Kelompok sebagai “Sender”
- Pimpinan Kelompok sebagai “Receiver”
7. Teknik dalam Berkomunikasi
-
- Komunikasi Antar Individu/Rekan Kerja
- Komunikasi dengan Atasan
- Komunikasi dengan Bawahan
8. Role Play dan Studi Kasus
Peserta
Training ini diperuntukkan bagi:
-
- Staff, Supervisor, Manager hingga level di atasnya didalam bidang dari divisi komunikasi, human resources, public relation, customer service, atau divisi lainnya yang membutuhkan pelatihan ini
- Praktisi atau Profesional yang ingin menambah pengetahuan dalam bidang komunikasi.
Metode
Presentasi, diskusi, dan studi kasus
Tempat
- Ibis Style Hotel Yogyakarta
- Gino Feruci Hotel Bandung
- Sofyan Betawi Menteng Hotel Jakarta
- Harris Seminyak Hotel Bali
- In House Training*
Fasilitas dan Investasi
- Fasilitas: Hard Copy Materi, USB Flashdisk, Training Kits, Coffee Break & Lunch, Sertifikat, Souvenir
- Investasi sebesar Rp. 6.000.000,- (Enam Juta Rupiah) per peserta
E-Learning
- Menggunakan Aplikasi Zoom
- Fasilitas: Hard Copy Materi, USB Flashdisk, Training Kits, Sertifikat, Souvenir
- Investasi sebesar Rp. 4.000.000 (Empat Juta Rupiah) per peserta
*Informasi lebih lanjut hubungi Customer Service
klik untuk chat dengan Whatsapp