Manajemen Strategi Pengembangan Rumah Sakit

Published on Jun 17 2019 // Manajemen Industri, Manajemen Pemasaran
Print Friendly, PDF & Email

Manajemen Strategi Pengembangan Rumah Sakit

 

Deskripsi

Rumah sakit sebagai lembaga sosio-ekonomi mempunyai tanggungjawab sosial terhadap kesehatan masyarakat. Dalam melaksanakan fungsi sosialnya diperlukan dana yang cukup agar rumah sakit dapat terus melangsungkan kegiatan operasionalnya secara wajar. Oleh karena itu rumah sakit harus mempunyai unit-unit layanan yang menghasilkan pendapatan (revenue). Dalam pelaksanaan pendanaan rumah sakit terdapat suatu sistem subsidi-silang (cross subsidi) yang sifatnya melalui alokasi dana dari unit-unit yang menghasilkan pendapatan (revenue) terhadap unit-unit yang dianggap merugi. Diperlukan strategi yang tepat dalam melakukan pengembangan rumah sakit sehingga kondisi rumah sakit tetap dalam kondisi menghasilkan pendapatan. Pelatihan ini akan memberikan pemahaman mengenai hal-hal atau langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam merumuskan strategi dalam rangkan pengembangan rumah sakit.

 

Tujuan

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan memahami dan menerapkan manajemen strategi dalam pengembangan Rumah Sakit dengan beberapa tahap dengan analisanya. Sehingga dengan strategi pengembangan yang tepat maka akan meningkatkan produktivitas dari rumah sakit secara keseluruhan.

 

Materi

1. Pendahuluan konsep pengembangan rumah sakit
2. Stakeholder yang berperan dalam keberlangsungan rumah sakit
3. Human resources dalam kegiatan operasional rumah sakit
4. Manajemen strategi pengembangan rumah sakit
5. Tahap Masukan:

  • Analisis Matriks EFE
  • Analisis Matriks IFE

6. Tahap Perryesuaian:

  • Analisis Matrik TOWS
  • Analisis Matriks BCG

7. Tahap Keputusan

  • Analisis QSPM

8. Strategi yang dapat diimplementasikan
9. Studi kasus dan diskusi

 

Peserta

Personil yang dapat mengikuti pelatihan yaitu staff, supervisor, manager atau level di atasnya dalam bidang business development Rumah Sakit.

 

Metode
Presentasi, diskusi, dan studi kasus

 

Waktu 

  • 10-12 Juli 2019
  • 29-31 Juli 2019
  • 7-9 Agustus 2019
  • 28-30 Agustus 2019
  • 11-13 September 2019
  • 9-11 Oktober 2019
  • 28-30 Oktober 2019
  • 13-15 November 2019
  • 11-13 Desember 2019
  • 30-31 Desember 2019

 

Tempat

  • Ibis Style Hotel Yogyakarta
  • Gino Feruci Hotel Bandung*
  • Sofyan Betawi Menteng Hotel Jakarta*
  • Ibis Style Kuta Circle Hotel Bali*
  • In House Training*

 

Fasilitas dan Investasi

  • Fasilitas: Hard Copy Materi, USB Flashdisk, Training Kits, Coffee Break & Lunch, Sertifikat, Foto Group, Souvenir;
  • Investasi sebesar Rp. 6.000.000,- (Enam Juta Rupiah) per peserta non residential.
  • Investasi sebesar Rp. 6.000.000,- (Enam Juta Rupiah) per peserta residential 3 malam minimal 2 peserta dari perusahaan yang sama.*
  • Harga tidak termasuk pajak.

 

Instruktur

Titik Nurbiyati,  M.Si. dan Team

 

*Informasi lebih lanjut hubungi Customer Service

 klik untuk chat dengan Whatsapp

atau silahkan isi form di bawah ini

Leave a comment