Manajemen Logistik Terpadu

Published on May 01 2020 // Manajemen Kualitas

Manajemen Logistik Terpadu

 

Deskripsi

Fungsi manajemen logistik merupakan sarana penunjang dalam pelaksanaan operasional sehari-hari suatu institusi. Sebagai salah satu fungsi perusahaan, manajemen logistik memerlukan tata cara pengelolaan yang efektif, efisien dan akurat. Seminar manajemen logistik terpadu ini disusun untuk memberikan suatu sarana pengembangan pemahaman tentang berbagai aspek manajemen yang diperlukan dalam pengelolaan material.

 

Tujuan

Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta memahami:

  1. Konsep manajemen logistik secara mendalam dan peranannya dalam kehidupan perusahaan.
  2. Teknik perencanaan kebutuhan dan rencana kegiatan pengadaan material secara fisik maupun finansial.
  3. Teknik-teknik analisis kuantitatif dari kebutuhan material sesuai ketetapan perusahaan tentang kualitas, harga dan delivery serta customer satisfaction.
  4. Cara penyajian informasi material untuk dipakai sebagai referensi dalam pengambilan keputusan.
  5. Teknik evaluasi sistem manajemen logistik.

 

Materi

1. Mengenal Fungsi dan Peran Strategis Manajemen Logistik

  • Supply Cycle, Response Cycle dan Delivery Cycle.
  • Achieving customer satisfaction in Logistics Management system.

2. Logistik Sebagai Institusi Pelayanan

  • Klasifikasi Pareto
  • Logistics customer service audit

3. Pengaruh Persediaan terhadap Performansi keuangan perusahaan

  • Penggunaan diagram Du Pont untuk mengukur dampak strategi persediaan terhadap performansi keuangan.
  • Pengaruh inventory turnover  terhadap inventory carrying cost

4. Teknik Optimasi Persediaan Barang (Inventory control)

  • Sistem  pengendalian persediaan.
  • Order point system.
  • Penentuan  lot size, Reorder level dan safety  stock.
  • Just in Time Inventory Management  System.
  • Peragaan penggunaan software inventory management

5. Manajemen Pergudangan

  • Strategi manajemen pergudangan.
  • Klasifikasi material dalam gudang.
  • Komputer dan internet dalam sistem pergudangan.
  • layout  gudang

6. Distribution Requirement Planning (DRP)

7. Teknik Audit sistem Manajemen logistik.

  • Audit Logistics Customer Service.
  • Audit sistem manajemen pergudangan.
  • Audit Sistem manajemen pesediaan.
  • Audit sistem manajemen pengadaan

8. Teknologi Informasi dalam manajemen logistik.

  • Peran teknologi informasi dalam manajemen logistik.
  • Manfaat digunakannya teknologi informasi untuk perencanaan, pengadaan , pergudangan dan distribusi.
  • Prasyarat inpmlementasi teknologi informasi.
  • Manfaat internet bagi manajemen logistik

9. Manajemen Transportasi

10. Studi Kasus dan Diskusi

 

Metode
Presentasi, diskusi, dan studi kasus

 

Peserta

Pelatihan ini diperuntukkan bagi:

  1. Staff, Supervisor, Manager ataupun level di atasnya dari divisi logistic, produksi, ataupun divisi lainnya yang membutuhkan pelatihan ini;
  2. Praktisi atau Profesional yang ingin menambah pengetahuan mengenai manajemen logistik

 

Waktu 

  •  29-30 Juni 2020
  • 8-10 Juli 2020
  • 28-30 Juli 2020
  • 12-14 Agustus 2020
  • 18-19 Agustus 2020
  • 9-11 September 2020
  • 28-30 September 2020
  • 14-16 Oktober 2020
  • 26-28 Oktober 2020
  • 11-13 November 2020
  • 9-11 Desember 2020
  • 22-24 Desember 2020
  • 29-31 Desember 2020

 

Tempat

  • Ibis Style Hotel Yogyakarta
  • Gino Feruci Hotel Bandung*
  • Sofyan Betawi Menteng Hotel Jakarta*
  • Ibis Style Kuta Circle Hotel Bali*
  • In House Training*

 

Fasilitas dan Investasi

  • Fasilitas: Hard Copy Materi, USB Flashdisk, Training Kits, Coffee Break & Lunch, Sertifikat, Foto Group, Souvenir;
  • Investasi sebesar Rp. 6.000.000,- (Enam Juta Rupiah) per peserta non residential.
  • Harga tidak termasuk pajak.

  

Instruktur

Arief Suardi, ST., MT. dan Team

 

*Informasi lebih lanjut hubungi Customer Service

klik untuk chat dengan Whatsapp

atau silahkan isi form di bawah ini