0812-1517-0500 vyntech@yahoo.com

Deskripsi

Mengamati kegiatan bisnis yang jumlah transaksinya ratusan setiap hari, tidak mungkin dihindari terjadinya sengketa (dispute/difference) antar pihak yang terlibat. Setiap jenis sengketa yang terjadi selalu menuntut pemecahan dan penyelesaian yang cepat. Makin banyak dan  luas kegiatan perdagangan, frekuensi terjadi sengketa makin tinggi, hal ini berarti sangat mungkin makin banyak sengketa yang harus diselesaikan.

Membiarkan sengketa dagang  terlambat diselesaikan akan mengakibatkan perkembangan pembangunan tidak efesien, produktifitas menurun, dunia bisnis mengalami kemandulan dan biaya produksi meningkat. Konsumen adalah pihak yang paling dirugikan di samping itu, peningkatan kesejahteraan dan kemajuan sosial kaum pekerja juga terhambat. Kalaupun akhirnya hubungan bisnis ternyata menimbulkan sengketa diantara para pihak yang terlibat, peranan penasihat hukum, konsultan dalam menyelesaikan sengketa itu dihadapkan pada alternatif penyelesaian yang dirasakan paling menguntungkan kepentingan kliennya

Secara konvensional, penyelesaian sengketa biasanya  dilakukan secara Litigasi atau penyelesaian sengketa di muka pengadilan. Dalam keadaan demikian, posisi para pihak yang bersengketa sangat antagonistis (saling berlawanan satu sama lain)  Penyelesaian sengketa bisnis model tidak direkomendasaikan. Kalaupun akhirnya ditempuh, penyelesaian itu semata-mata hanya sebagai jalan yang terakhir (ultimatum remedium) setelah alternatif lain dinilai tidak membuahkan hasil.

 

Tujuan

Setelah mengikuti training, diharapkan peserta mampu:

    1. Mengetahui tipologi penyelesaian sengketa baik secara formal maupun informal.
    2. Memahami pentingnya penyelesaian sengketa alternatif dalam mendukung suatu aktifitas usaha.
    3. Menjaga hubungan dengan  rekanan bisnis denga menerapkan Negosiasi & Mediasi.
    4. Menerapkan konsep-konsep ADR dalam menyelesaikan sengketa bisnis.
    5. Menyelesaikan perselisihan sengketa bisnis secara efektif tanpa melalui pengadilan.

 

Materi

    1. Dispute Resolution (Tipologi dan Perkembangannya)
    2. Pendekatan Bisnis Terhadap Penyelesaian Perselisihan/Sengketa
    3. Alternatif Penyelesaian Perkara
    4. Teknik dan Prosedur Mediasi
    5. Solusi Berbasis Kepentingan
    6. Strategi Konsesus Solusi yang Dapat Diterima- Pendekatan Win-win Solution
    7. Negosiasi & Mediasi (Berdasarkan UU No. 30 tahun 1999)
    8. Court Annexed to Mediation (Pelaksanaan Perma No.1 tahun 2008)
    9. Arbitrase dan Prosedurnya
    10. Penerapan Arbitrase International
    11. Prosedur Penyelesaian di Pengadilan
    12. Hambatan dan Solusi yang Sering Terjadi dalam Implementasi
    13. Role Play & Simulasi

 

Waktu

Tempat

    • Ibis Style Hotel Yogyakarta
    • Gino Feruci Hotel Bandung
    • Sofyan Betawi Menteng Hotel Jakarta
    • Harris Seminyak Hotel Bali
    • In House Training*

 

Fasilitas dan Investasi

    • Fasilitas: Hard Copy Materi, USB Flashdisk, Training Kits, Coffee Break & Lunch, Sertifikat, Souvenir
    • Investasi sebesar Rp. 6.000.000,- (Enam Juta Rupiah) per peserta

 

E-Learning

    • Menggunakan Aplikasi Zoom
    • Fasilitas: Hard Copy Materi, USB Flashdisk, Training Kits, Sertifikat, Souvenir
    • Investasi sebesar Rp. 4.000.000 (Empat Juta Rupiah) per peserta

 

*Informasi lebih lanjut hubungi Customer Service

klik untuk chat dengan Whatsapp

    You cannot copy content of this page