0812-1517-0500 vyntech@yahoo.com

Deskripsi

Di perusahaan, kecelakaan dapat terjadi saat melakukan suatu proses produksi, baik itu kecelakaan minor maupun kecelakaan mayor. Sebuah kecelakaan dapat mengakibatkan kerugian yang fatal baik fisik maupun materil, baik bagi organisasi maupun karyawan. Sebenarnya kecelakaan kerja dapat diminimalisir dan diatasi dengan mencari akar penyebab kecelakaan tersebut sehingga dapat dilakukan tindakan pencegahan yang signifikan untuk mencegah terjadinya kecelakaan di waktu selanjutnya. Pencegahan yang efektif akan dapat dilaksanakan apabila sudah diketahui sebab-sebab terjadinya kecelakaan, sedangkan untuk menemukan dan menetapkan penyebab terjadinya suatu kecelakaan harus terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kecelakaan atau accident investigation.

Investigasi Kecelakaan (Accident Investigation) merupakan salah satu elemen yang dipersyaratkan dan harus dipenuhi dalam mengimplementasikan Sistem Manajemen K3 secara komprehensif dan optimal selain bertujuan untuk menjaga serta meningkatkan nilai-nilai K3 perusahaan. Sebagian besar perusahaan kurang memperhatikan akan pentingnya melakukan investigasi terhadap setiap kecelakaan baik yang kejadian hampir celaka atau telah menimbulkan kerugian sehingga seringkali kecelakaan serupa cenderung terjadi kembali bahkan memberikan efek yang lebih besar. Salah satu upaya untuk mengurangi kerugian akibat kecelakaan adalah dengan mengadakan analisa terhadap setiap kecelakaan dan melakukan tindakan perbaikan agar kecelakaan serupa tidak terulang kembali. Melalui proses investigasi kecelakaan yang tepat dan menggunakan metode yang sesuai akan memudahkan tim investigasi dalam menemukan penyebab dasar (root cause) dari setiap kecelakaan sehingga hasil rekomendasi akan lebih tepat dan efektif dalam mencegah terjadinya kecelakaan serupa.

Dalam Training, peserta akan diberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai cara-cara dan teknik dalam melakukan penyelidikan dan pelaporan kecelakaan melalui Root Cause Analysis Technique. Peserta juga akan lebih menguasai dan memiliki pemahaman tentang konsep dalam penyelidikan komprehensif kecelakaan yang bertujuan untuk menyelidiki kecelakaan tersebut, dari hal yang praktis untuk dapat memiliki keterampilan yang baik dalam menganalisis penyebab kecelakaan dan melakukan investigasi perbaikan yang efektif dan efisien.

 

Tujuan

Setelah mengikuti training ini, diharapkan peserta mampu :

    1. Melaksanakan penyelidikan kecelakaan dan menganalisis setiap kejadian kecelakaan di tempat kerja, sehingga dapat menghasilkan temuan-temuan yang berkaitan dengan kecelakaan tersebut.
    2. Menerapkan konsep penyelidikan kecelakaan di bidang kerjanya masing-masing sesuai dengan konsep CLC.
    3. Memahami sebab dan dampak dari kecelakaan, sehingga dapat mendapatkan kronologi kecelakaan yang tepat dan menetapkan critical factor serta mampu mengaplikasikan lembar kerja pemeriksaan kecelakaan atau Root Cause Analysis Technique.
    4. Dapat menentukan akar penyebab kejadian kecelakaan kerja (bukan menetapkan siapa yang salah atau mencari kesalahan, tetapi mencari apa yang salah sehingga menyebabkan terjadinya kecelakaan).
    5. Mempelajari upaya keselamatan dari kecelakaan yang pernah terjadi dan dapat menetapkan rekomendasi tindakan perbaikan.
    6. Melakukan pencegahan agar kecelakaan yang sama tidak terulang kembali dan dapat meminimalisir kemungkinan dampak atau akibat dari kecelakaan yang sudah pernah terjadi.
    7. Memberikan kesadaran mengenai pentingnya menjaga keselamatan dan mencegah kecelakaan di tempat kerja dengan membangun tempat dan lingkungan kerja yang aman.

 

Materi

    1. Definisi & Konsep Kecelakaan
    2. Pentingnya Pelaporan dan Penyelidikan Kecelakaan Kerja
    3. Loss Causation Models
    4. Accident Prevention Techniques
    5. Accident Investigation
    6. Pendekatan Investigasi yang sistematis
    7. Introduction CLC Process
    8. CLC Elements (Immediate Causes)
    9. Root Cause Analysis: Akar Penyebab Terjadinya Kecelakaan
    10. CLC Elements (Basic Causes)
    11. CLC Element ( Corrective Action)
    12. Human Factors in Accident Investigation
    13. Penetapan Langkah Perbaikan & Pencegahan Terjadinya Kecelakaan Kerja
    14. Penelusuran Kejadian, Dokumentasi dan Pencatatan
    15. Hambatan dan Solusi yang Sering Terjadi dalam Implementasi

 

Peserta

Training ini diperuntukkan bagi:

    • Supervisor maupun manager yang bertanggung jawab dalam hal keselamatan kerja di perusahaan
    • Setiap personil yang terlibat dalam kegiatan pengawasan keselamatan kerja dan pengendaliannya juga disarankan untuk mengikuti training agar dapat mengetahui dan mendukung keselamatan kerja karyawan
    • Personal dan Profesional yang ingin menambah pengetahuan mengenai Accident Investigation dalam meningkatkan performance

 

Waktu

Tempat

    • Ibis Style Hotel Yogyakarta
    • Gino Feruci Hotel Bandung
    • Sofyan Betawi Menteng Hotel Jakarta
    • Harris Seminyak Hotel Bali
    • In House Training*

 

Fasilitas dan Investasi

    • Fasilitas: Hard Copy Materi, USB Flashdisk, Training Kits, Coffee Break & Lunch, Sertifikat, Souvenir
    • Investasi sebesar Rp. 6.000.000,- (Enam Juta Rupiah) per peserta

 

E-Learning

    • Menggunakan Aplikasi Zoom
    • Fasilitas: Hard Copy Materi, USB Flashdisk, Training Kits, Sertifikat, Souvenir
    • Investasi sebesar Rp. 4.000.000 (Empat Juta Rupiah) per peserta

 

*Informasi lebih lanjut hubungi Customer Service

klik untuk chat dengan Whatsapp

    You cannot copy content of this page