Motivasi sebagai Teknik Meningkatkan Kepuasan Kerja Karyawan

Published on Oct 03 2019 // SDM
Print Friendly, PDF & Email

Motivasi sebagai Teknik Meningkatkan Kepuasan Kerja Karyawan

 

Deskripsi

Motivasi berkaitan erat dengan pencapaian atau pemuasan tujuan (sintality) karyawan dalam perusahaan. Dan kepuasan kerja berhubungan erat dengan sikap karyawan terhadap pekerjaannya sendiri, situasi kerja, kerjasama antara pimpinan dengan sesama karyawan. Konsep motivasi terhadap karyawan banyak diterapkan oleh perusahaan untuk menciptakan kepuasan kerja karyawannya dengan cara memberikan kesempatan untuk maju, keamanan kerja, gaji, perusahaan dan manajemen yang baik, pengawasan (supervisi), kondisi kerja, komunikasi dan fasilitas. Banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa terdapat korelasi atau hubungan positif antara kepuasan kerja dengan motivasi kerja karyawan. Artinya, jika karyawan memiliki nilai kepuasan kerja tinggi juga diikuti dengan semangat motivasi kerja yang tinggi pula, atau ketika karyawan merasakan tingkat kepuasan sedang, maka juga diikuti dengan tingkat motivasi kerja yang sedang dan seterusnya. Pelatihan ini akan memberikan pemahaman mengenai pentingnya memberikan motivasi terhadap karyawan guna  meningkatkan kepuasan kerja. Kepuasan kerja yang positif akan berdampak pada produktivitas perusahaan yang optimal.

 

Tujuan

Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta dapat memahami pentingnya motivasi yang diberikan terhadap karyawan dalam suatu perusahaan guna meningkatkan kepuasan kerja karyawan-karyawan tersebut.

 

Materi

1. Pengertian Motivasi Kerja
2. Teori-Teori Motivasi Kerja

  • Teori Kebutuhan
  • Teori ERG (Existence, Relatedness, Growth) Alderfer
  • Teori Insting
  • Teori Drive
  • Teori Lapangan

3. Konsep Kepuasan Kerja
4. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja

  • Kesempatan untuk maju
  • Keamanan Kerja
  • Gaji
  • Perusahaan dan Manajemen
  • Pengawasan (supervisi)
  • Faktor Intrinsik Pekerjaan
  • Kondisi kerja
  • Aspek sosial dalam pekerjaan
  • Komunikasi
  • Fasilitas

5. Teori-Teori Kepuasan Kerja

  • Discrepancy Theory
  • Equity Theory
  • Two Factor Theory
  • Need Fulfillment Theory
  • Social Reference Group Theory
  • Expentancy theory

6. Hubungan Kepuasan dengan Motivasi Kerja

  • Imbalan (gaji) yang diterima;
  • Supervisi yang dialami dan dirasakan;
  • Peluang-peluang untuk meraih promosi

7. Benchmarking perusahaan-perusahaan yang menerapkan motivasi karyawan
8. Studi kasus dan diskusi

 

Peserta

Personil yang dapat mengikuti pelatihan yaitu Staff, Supervisor, Manager hingga level di atasnya dari divisi Human Resources, Business Development, Organisational Development atau siapa pun yang ingin mendalami mengenai motivasi dan kepuasan kerja karyawan.

 

Metode
Presentasi, diskusi, dan studi kasus

 

Waktu

  • 9-11 Oktober 2019
  • 28-30 Oktober 2019
  • 13-15 November 2019
  • 11-13 Desember 2019
  • 30-31 Desember 2019
  • 15-17 Januari 2020
  • 12-14 Februari 2020
  • 11-13 Maret 2020
  • 26-27 Maret 2020
  • 7-9 April 2020
  • 28-30 April 2020
  • 13-15 Mei 2020
  • 10-12 Juni 2020
  • 29-30 Juni 2020
  • 8-10 Juli 2020
  • 28-30 Juli 2020
  • 12-14 Agustus 2020
  • 9-11 September 2020
  • 28-30 September 2020
  • 14-16 Oktober 2020
  • 11-13 November 2020
  • 9-11 Desember 2020

 

Tempat

  • Ibis Style Hotel Yogyakarta
  • Gino Feruci Hotel Bandung*
  • Sofyan Betawi Menteng Hotel Jakarta*
  • Ibis Style Kuta Circle Hotel Bali*
  • In House Training*

 

Fasilitas dan Investasi

  • Fasilitas: Hard Copy Materi, USB Flashdisk, Training Kits, Coffee Break & Lunch, Sertifikat, Foto Group, Souvenir;
  • Investasi sebesar Rp. 6.000.000,- (Enam Juta Rupiah) per peserta non residential.
  • Investasi sebesar Rp. 6.000.000,- (Enam Juta Rupiah) per peserta residential 3 malam minimal 2 peserta dari perusahaan yang sama.*
  • Harga tidak termasuk pajak.

 

Instruktur

Titik Nurbiyati,  M.Si. dan Team

 

*Informasi lebih lanjut hubungi Customer Service

klik untuk chat dengan Whatsapp

atau silahkan isi form di bawah ini

comment closed