Metode & Teknik Penyusunan Standard Operating Procedure (SOP) dengan Penerapan KPI

Published on May 22 2019 // Administrasi Perkantoran, Manajemen Industri
Print Friendly, PDF & Email

Metode & Teknik Penyusunan SOP dengan Penerapan KPI

 

Deskripsi

Menyusun pedoman prosedur operasional standar (SOP) yang efektif pada dasarnya menunjukan bahwa organisasi mempunyai kemauan memperbaiki langkah-langkah kegiatan serta pengambilan keputusan dan memperbaruinya sesuai dengan tuntutan perubahan yang dialami. Pedoman atau manual SOP adalah salah satu modal paling penting bagi organisasi untuk mengendalikan seluruh keputusan dan kegiatan yang dilakukannya dalam koridor yang sistematis dan efektif. Semakin besar organisasi, semakin besar pula tuntutan untuk mempunyai perangkat kontrol yang memadai. Aspek operasi harus sama baik dengan aspek administrasi. Sisi pendapatan harus juga sama baiknya dengan pengendalian biaya.  Semua itu hanya bisa terwujud apabila organisasi memiliki panduan yang jelas tentang pengambilan keputusan dan kegiatannya.

Pelatihan penyusunan SOP ini disajikan untuk memenuhi kebutuhan organisasi tentang penyusunan prosedur operasional standar yang benar. Banyak organisasi yang mengabaikan ini karena dipandang tidak terlalu penting. Tetapi, sejarah bisnis telah membuktikan bahwa organisasi yang mampu bertahan dan terus berkembang adalah yang memiliki pedoman yang jelas dan dipahami secara jelas dan standard oleh anggotanya. Pelatihan ini akan membahas mengenai metode dan teknik penyusunan standard operating procedure (SOP) dengan penerapan KPI dan sangat bermanfaat bagi perusahaan demi mencapai tujuan strategis perusahaan.

 

Tujuan

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan dapat :

  1. Mengerti latar belakang dan arti pentingnya penyusunan SOP;
  2. Memahami prinsip, metode dan teknik penyusunan SOP;
  3. Memberikan pedoman dalam pembuatan SOP yang efektif dalam rangka meningkatkan kinerja dan wawasan perusahaan.

 

Materi

  1. Organisasi dalam konteks pemahaman sistem
  2. Menapa perlu ada sistem di dalam organisasi
  3. Mengapa perlu ada Standard Operating Procedure
  4. Unsur-unsur Standard Operating Procedure
  5. Manfaat teknis Standard Operating Procedure
  6. Control Intern dan Standard Operating Procedure
  7. Hambataan-hambatan dalam penyusunan Standard Operating Procedure
  8. Studi kasus dan diskusi

 

Peserta

Training ini diperuntukkan bagi:

  1. Staff, Supervisor, Manager ataupun level di atasnya dari divisi SDM, ataupun divisi lainnya yang membutuhkan training ini;
  2. Praktisi atau Profesional yang ingin menambah pengetahuan mengenai metode dan teknik penyusunan standard operating procedure (SOP) dengan penerapan KPI.

 

Waktu  

  • 27-29 Mei 2019
  • 12-14 Juni 2019
  • 10-12 Juli 2019
  • 29-31 Juli 2019
  • 7-9 Agustus 2019
  • 28-30 Agustus 2019
  • 11-13 September 2019
  • 9-11 Oktober 2019
  • 28-30 Oktober 2019
  • 13-15 November 2019
  • 11-13 Desember 2019
  • 30-31 Desember 2019

 

Tempat

  • Ibis Style Hotel Yogyakarta
  • Gino Feruci Hotel Bandung*
  • Sofyan Betawi Menteng Hotel Jakarta*
  • Ibis Style Kuta Circle Hotel Bali*
  • In House Training*

 

Fasilitas dan Investasi

  • Fasilitas: Hard Copy Materi, USB Flashdisk, Training Kits, Coffee Break & Lunch, Sertifikat, Foto Group, Souvenir;
  • Investasi sebesar Rp. 6.000.000,- (Enam Juta Rupiah) per peserta non residential.
  • Investasi sebesar Rp. 6.000.000,- (Enam Juta Rupiah) per peserta residential 3 malam minimal 2 peserta dari perusahaan yang sama.*
  • Harga tidak termasuk pajak.

 

Instruktur 

Titik Nurbiyati, M.Si. dan Team

 

*Informasi lebih lanjut hubungi Customer Service

klik untuk chat dengan Whatsapp

atau silahkan isi form di bawah ini

Leave a comment