Material Coding – Cataloging & Spare Part Management

Published on May 01 2020 // Manajemen Industri, Manajemen Mutu

Material Coding – Cataloging & Spare Part Management

 

Deskripsi

Pengelolaan persediaan Spare part yang efektif dan efisien akan memberikan nilai tambah bagi perusahaan, men-support proses operasional secara tepat, dan pada akhirnya meningkatkan kinerja perusahaan di mata pelanggan. Diperlukan sebuah strategi untuk mengelola inventory spare part tersebut, sehingga tidak menjadi salah satu “sumber pemborosan”.

Selain inventory spare part yang efektif, hal lain yang tidak kalah pentingnya dalam pengelolaan persediaan yaitu material coding & cataloging atau pengkodean dan membuat daftar material sangat mendukung kerja personil yang bertugas pada bagian inventory, warehouse ataupun produksi. Training ini akan memberikan pemahaman mengenai pengkodean dan membuat daftar material serta pengelolaan spare part yang efektif dan efisien bagi kegiatan operasional perusahaan.

 

Tujuan

Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta mampu:

  1. Memahami strategi penyediaan spare part
  2. Memahami dan mampu melakukan pengendalian spare part
  3. Menyediakan barang yang diperlukan dalam proses overhaul
  4. Mengelola suku cadang dengan coding sehingga lebih efisien
  5. Mengidentifikasi material dengan uraian yang jelas
  6. Memahami prinsip cataloging dan pengelolaan inventory
  7. Memahami aturan dasar dalam cataloging
  8. Memahami masalah-masalah dalam cataloging
  9. Memahami basic inventory, bagaimana memanage inventory dan bagaimana mengoptimalisasikan inventory.
  10. Mereview stock analyst
  11. Mengelola material dan informasi data untuk fungsi terkait melalui online system

 

Materi

1. Spare Part Management System

  • Strategi Persediaan spare part untuk mendukung proses produksi
  • Perencanaan dan Pengelolaan persediaan Spare Part
  • Keunikan Spare Part Management dan strategi pengendaliannya
  • Key Performance Indicator dalam Spare Part Management

2. Pengelolaan Administratsi suku cadang

  • Perhitungan pemesanan ulang Persediaan
  • Perencanaan dan Pengendalian Spare Part untuk Kebutuhan Overhaul
  • Perhitungan dan analisa Biaya Spare Part

3. Pengendalian Stock Spare Part: Safety Stock, over Stock, dan Dead Stock

4. Pengelolaan Gudang Spare Part yang efektif dan efisien

5. Pengendalian faktor terjadinya kehilangan barang

6. Evaluasi Performansi sistem spare parts management

7. Struktur kode identifikasi material

8. Pemeliharaan Kode Material

9. Cataloging System

  • Aturan dasar dalam cataloging
  • Sistem informasi cataloging

10. Merancang catalogue, struktur catalogue, dan tabel/ data referensi

11. Persyaratan sistem informasi cataloging

12. Permasalahan dan solusi dalam cataloging system

 

Metode

Presentasi, diskusi, studi kasus

 

Peserta

Training ini diperuntukkan bagi:

  • Staff, Supervisor, Manager hingga level di atasnya yang ingin menambah pengetahuan mengenai Spare Part Management dalam meningkatkan Performance Institusi/ Perusahaan.
  • Karyawan divisi maintenance, gudang spare part, maintenance planner, pembelian spare part, serta divisi lain yang berhubungan dengan spare part.

 

Waktu

  •  29-30 Juni 2020
  • 8-10 Juli 2020
  • 28-30 Juli 2020
  • 12-14 Agustus 2020
  • 18-19 Agustus 2020
  • 9-11 September 2020
  • 28-30 September 2020
  • 14-16 Oktober 2020
  • 26-28 Oktober 2020
  • 11-13 November 2020
  • 9-11 Desember 2020
  • 22-24 Desember 2020
  • 29-31 Desember 2020

 

Tempat

  • Ibis Style Hotel Yogyakarta
  • Gino Feruci Hotel Bandung*
  • Sofyan Betawi Menteng Hotel Jakarta*
  • Ibis Style Kuta Circle Hotel Bali*
  • In House Training*

 

Fasilitas dan Investasi

  • Fasilitas: Hard Copy Materi, USB Flashdisk, Training Kits, Coffee Break & Lunch, Sertifikat, Foto Group, Souvenir;
  • Investasi sebesar Rp. 6.000.000,- (Enam Juta Rupiah) per peserta non residential.
  • Harga tidak termasuk pajak.

 

Instruktur

Vendy Antono, ST., MT. dan Team

 

*Informasi lebih lanjut hubungi Customer Service

klik untuk chat dengan Whatsapp

atau silahkan isi form di bawah ini