Interpersonal Communication Skills

Published on Oct 03 2019 // SDM

Interpersonal Communication Skills

 

Definisi

Communication Skill merupakan kemampuan seseorang untuk menyampaikan pesan kepada penerima pesan (individu atau masyarakat umum). Agar komunikasi yang dijalankan berjalan lancar, dapat diterima oleh si penerima pesan serta memberi manfaat baik bagi pihak penyampai pesan maupun bagi pihak penerima pesan, diperlukan kemampuan berkomunikasi yang baik. Communication skill yang baik dari seorang individu dapat menjadi keunggulan kompetitif individu tersebut.

Upaya pengembangan communication skill dengan cara memiliki kepercayaan (credibility), daya tarik (attractive) dan kekuatan (power). Kemampuan berkomunikasi antar pribadi wajib dimiliki oleh setiap karyawan, mulai dari staf hingga manajer puncak. Dengan mengikuti training ini, diharapkan peserta mampu mengusai teknik-teknik praktis dalam bekomunikasi dengan lebih baik, kemampuan mendengarkan secara aktif dan berbicara secara asertif.

 

Materi

1. Introduction

  • Pengertian communications & pentingnya identifikasi lawan bicara dan penyampaian pesan yang tepat.
  • Vocal, verbal, visual (body language)

2. Powerfull active listening

  • Kemauan mendengarkan
  • Memperhatikan
  • Memahami
  • Mengingat
  • Memberi tanggapan dan umpan balik (feedback) yang tepat

3. Berkomunikasi secara lugas

  • Relationship; dasar berkomunikasi adalah menjalin hubungan, bukan hanya jangka pendek namun harus jangka panjang
  • Appreciation: menghargai lawan bicara dalam berkomunikasi
  • Asking: mengajukan permintaan atau meminta sesuatu dengan lugas
  • Confidence: percaya diri untuk menunjang sukses berkomunikasi
  • Advocacy: memberikan kritik, saran, pendapat secara lugas

4. Komunikasi dalam menghadapi lawan bicara agresif atau menuntut

5. Conflict management

6. Mendengarkan keluhan atau tuntutan seseorang

 

Peserta Training

Personil yang dapat mengikuti pelatihan yaitu: Staff, Supervisor, Manager hingga level di atasnya yang ingin menambah kemampuan berkomunikasi yang efektif. Serta professional yang berhubungan dengan skill communications.

 

Metode

Presentasi, diskusi,  studi kasus dan Ice Breaking.

 

Waktu  

  • 9-11 Oktober 2019
  • 28-30 Oktober 2019
  • 13-15 November 2019
  • 11-13 Desember 2019
  • 30-31 Desember 2019
  • 15-17 Januari 2020
  • 12-14 Februari 2020
  • 11-13 Maret 2020
  • 26-27 Maret 2020
  • 7-9 April 2020
  • 28-30 April 2020
  • 13-15 Mei 2020
  • 10-12 Juni 2020
  • 29-30 Juni 2020
  • 8-10 Juli 2020
  • 28-30 Juli 2020
  • 12-14 Agustus 2020
  • 9-11 September 2020
  • 28-30 September 2020
  • 14-16 Oktober 2020
  • 11-13 November 2020
  • 9-11 Desember 2020
  • 29-31 Desember 2020

 

Tempat

  • Hotel Ibis Style Yogyakarta
  • Hotel Gino Feruci Bandung*
  • Hotel Sofyan Betawi Menteng Jakarta*
  • Hotel Ibis Style Kuta Circle Bali*
  • In House Training*

 

Fasilitas dan Investasi

  • Fasilitas: Hard Copy Materi, USB Flashdisk, Training Kits, Coffee Break & Lunch, Sertifikat, Foto Group, Souvenir;
  • Investasi sebesar Rp. 6.000.000,- (Enam Juta Rupiah) per peserta non residential.
  • Investasi sebesar Rp. 6.000.000,- (Enam Juta Rupiah) per peserta residential 3 malam minimal 2 peserta dari perusahaan yang sama.*
  • Harga tidak termasuk pajak.

 

Instruktur

Rama Kertamukti, M.Si. dan Team

 

*Informasi lebih lanjut hubungi Customer Service

klik untuk chat dengan Whatsapp

atau silahkan isi form di bawah ini

Leave a comment