Credit Risk, Receivable & Corporate Collection Management

Published on Oct 03 2019 // Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran
Print Friendly, PDF & Email

Credit Risk, Receivable & Corporate Collection Management

 

Deskripsi

Fungsi penjualan tidak dapat berdiri sendiri dengan hanya ingin mencapai target penjualan saja. Diperlukan adanya keseimbangan antara target penjualan dan collectibility dari client. Artinya perusahaan harus dapat menganalisa calon dan existing customer/ klien. Ada customer yang mampu membayar tetapi tidak mau (bad character). Pengelolaan piutang dan penagihan (collection) bila dilakukan secara profesional akan membantu manajemen dalam pengawasan arus kas dan pembenahan manajemen arus kas yang lebih baik. Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman mengenai konsep dan metode dalam melakukan analisa kredit konsumen, pengelolaan piutang beserta sistem yang efektif dalam penagihannya sebagai bagian dari penataan arus kas di perusahaan.

 

Tujuan

Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta dapat :

  1. Memahami konsep analisa kredit konsumen dan resiko kredit konsumen;
  2. Memahami dan mampu mengaplikasikan teknik-teknik dalam pengelolaan piutang dan penagihan.

 

Materi

1.    CREDIT RISK MANAGEMENT

  • Faktor-faktor resiko kredit yang perlu dianalisa
  • Menentukan tingkat resiko dan exposure
  • Analisa Laporan keuangan : 6 ratio dan CFFO
  • Menentukan credit terms dan credit limit
  • Analisa keuangan tanpa laporan keuangan
  • Analisa kualitatif
  • Teknik menganalisa “character”

2.    RECEIVABLE MANAGEMENT

  • Pengertian Piutang dan dampaknya terhadap Arus Kas
  • Analisis Aging Schedule yang menyeluruh
  • Kecurangan yang berkaitan dengan Receivable
  • Control Receivable
  • Pengaruh mata uang asing pada receivable dan penangulangannya
  • Pengukuran kinerja collection

3. CORPORATE COLLECTION MANAGEMENT

  • Memahami tingkat tawar menawar dalam menentukan strategy collection
  • Konsep serta Aplikasi dalam menjalankan collection process
  • Teknik dalam menghadapi customer yang “nakal”
  • Negotiation Skill for Collector

 

Peserta

Training ini diperuntukkan bagi:

  1. Staff, Supervisor, Manager atau level di atasnya dari divisi Credit, Marketing, Finance atau divisi lain yang membutuhkan training ini;
  2. Praktisi atau professional yang ingin menambah pengetahuan mengenai credit risk.

 

Metode

Presentasi, Diskusi, Role Play, Studi Kasus;

 

Waktu

  • 2-4 Oktober 2019
  • 28-30 Oktober 2019
  • 6-8 November 2019
  • 4-6 Desember 2019
  • 30-31 Desember 2019
  • 8-10 Januari 2020
  • 5-7 Februari 2020
  • 4-6 Maret 2020
  • 26-27 Maret 2020
  • 1-3 April 2020
  • 28-30 April 2020
  • 4-6 Mei 2020
  • 2-4 Juni 2020
  • 29-30 Juni 2020
  • 1-3 Juli 2020
  • 28-30 Juli 2020
  • 5-7 Agustus 2020
  • 2-4 September 2020
  • 28-30 September 2020
  • 7-9 Oktober 2020
  • 4-6 November 2020
  • 2-4 Desember 2020
  • 29-31 Desember 2020

 

Tempat

  • Hotel Ibis Style Yogyakarta
  • Hotel Gino Feruci Bandung*
  • Hotel Sofyan Betawi Menteng Jakarta*
  • Hotel Ibis Style Kuta Circle Bali*
  • In House Training*

 

Fasilitas dan Investasi

  • Fasilitas: Hard Copy Materi, USB Flashdisk, Training Kits, Coffee Break & Lunch, Sertifikat, Foto Group, Souvenir;
  • Investasi sebesar Rp. 6.000.000,- (Enam Juta Rupiah) per peserta non residential.
  • Investasi sebesar Rp. 6.000.000,- (Enam Juta Rupiah) per peserta residential 3 malam minimal 2 peserta dari perusahaan yang sama.*
  • Harga tidak termasuk pajak.

 

Instruktur

Yunita Anggarini, M.Si dan Team

 

*Informasi lebih lanjut hubungi Customer Service

klik untuk chat dengan Whatsapp

atau silahkan isi form di bawah ini

Leave a comment